E-Book

Sepuluh Ribu Hari Perjalanan Dhamma
by Sayadaw Nandasiddhi
Buku “Sepuluh Ribu Hari Perjalanan Dhamma” berisikan cerita perjalanan kehidupan Sayadaw Nandasiddhi sebagai seorang bhikkhu. Buku ini juga merupakan kumpulan ceramah-ceramah Dhamma beliau, yang dibukukan atas permintaan para yogi. Sayadaw berharap kepada mereka yang membaca buku ini dapat mengerti dan mendalami kebenaran sesungguhnya dari ajaran-ajaran Buddha dan memberikan manfaat bagi mereka dalam berbagai cara.

eBook format: pdf
Isi: 410 halaman
Size: 6.5 MB
Bahasa: Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]
Sallekha Sutta
by Mahasi Sayadaw
Seorang siswa sejati Sang Buddha seharusnya memiliki sedikit keinginan. Ia harus puas dengan apa yang ia miliki dan mengurangi kekotoran batinnya, mempunyai sedikit keinginan atas kepemilikan materi atau pelayanan. Ia tidak boleh membanggakan pencapaiannya dalam pembelajaran naskah-naskah atau dalam praktek meditasi. Ia harus menjaga pengetahuan atas pembelajarannya atau pencapaian spiritualnya untuk diri sendiri. Seorang Ariya sejati tidak mengungkapkan pandangan terang spiritualnya kepada orang lain walaupun ia ingin mengatakannya. Hanya seorang penipu religius yang menyebut dirinya sendiri sebagai seorang Ariya atau Arahat.
Kepuasan juga penting dalam pengembangan spiritual. Seseorang harus puas dengan apapun yang ia miliki. Apakah baik atau buruk. Yang sama pentingnya adalah mengurangi kekotoran-kekotoran batin (kilesa). Latihan diri yang pengarah menuju tujuan ini adalah yang dibahas dalam Sallekha Sutta. Sutta ini bermanfaat bagi para meditator maupun non-meditator; berguna bagi mereka semua yang ingin mengatasi keinginan atau nafsu tidak bermoralnya dan mengembangkan ketrampilan dalam keinginan-keinginan baik.
Dalam Sallekha Sutta, Sang Buddha berkata bahwa tidaklah mungkin bagi seseorang yang sepenuhnya tenggelam di dalam rawa akan mampu menolong orang lain yang berada dalam kesulitan serupa. Namun hal ini bisa dilakukan oleh mereka yang tidak terbenam dalam lumpur. Demikian pula, hanya seorang yang telah terdisiplinkan, terlatih dalam tiga kelompok jalan Mulia Berunsur Delapan dan telah memadamkan api kekotoran batin akan mempu menolong orang lain sehubungan dengan disiplin, latihan, dan padamnya kekotoran batin.
eBook format: pdf
Isi: 354 halaman
Size: 2 MB
Bahasa: Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]
In This Very Life
by Sayadaw U. Pandita
Burmese meditation master Sayadaw U Pandita shows us that freedom is as immediate as breathing, as fundamental as a footstep. In this book he describes the path of the Buddha and calls all of us to that heroic journey of liberation. Enlivened by numerous case histories and anecdotes, In This Very Life is a matchless guide to the inner territory of meditation as described by the Buddha.
eBook format: pdf
Isi: 390 halaman
Size: 3 MB
Bahasa: Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]
Kronologi Hidup Buddha
by Ashin Kusaladhamma

Enam puluh sembilan kisah yang mewakili riwayat Buddha. Narasinya dimulai dari kehidupan lampau Buddha sebagai Sumedha, yang kemudian berlanjut pada kelahiran-Nya yang terakhir sebagai Bodhisatta Pangeran Siddhattha, empat puluh lima tahun masa pembabaran Dhamma setelah Ia menjadi Buddha, sampai Parinibbana-Nya. Narasi dalam buku ini juga mencakup bagaimana para siswa-Nya melestarikan, mengembangkan, dan menyebarkan ajaran-Nya, generasi demi generasi, sampai abad ke dua puluh satu.
Dengan membaca buku ini, Anda akan memperoleh gambaran lengkap mengenai hidup Buddha secara kronologis. Anda akan menjumpai pelbagai sisi kehidupan-Nya, para siswa-Nya, dan para "seteru"-Nya. Anda juga akan melihat bagaimana Buddha mengatasi, menasihati, dan menuntaskan masalah-masalah kehidupan yang menghadap umat manusia lebih dari 2.500 tahun yang lalu, namun yang masih kita jumpai sampai saat ini.
eBook format: pdf
Isi: 767 halaman
Size: 57 MB
Bahasa: Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]
Puja untuk Anak-anak Buddhist Culture
Compiled by Ashin Kusaladhamma

Buku panduan untuk puja bagi peserta Samanera & Sikkhavati Program, Buddhist Culture Program, dan Teenagers Retreat Program. Bagian Satu - berisi panduan permohonan Tiga Perlindungan dan Latihan Moral (Aradhana Tisarana & Sila). Bagian Dua - berisi "Senandung Puja Pagi" berupa pengulangan Metta Sutta, Khandha Sutta, dst.; Bagian Tiga - "Senandung Puja Sore" berupa syair penghormatan kepada Buddha, Dhamma, dan Sangha, serta beberapa Sutta; dan Bagian Empat - "Senandung Puja Malam" berupa senandung pemancaran cinta-kasih.
eBook format: pdf
Isi: 89 halaman
Size: 439 KB
Bahasa: Inggris dan Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]
Prosedur Pentahbisan & Peraturan Latihan Samanera
Compiled by Sayadaw U Pandita. Revised by Ashin Kusaladhamma
Menurut Peraturan Kedisiplinan (Vinaya), terdapat tiga faktor penting yang harus dipenuhi dan dilaksanakan secara berurutan untuk suksesnya penyelenggaraan pentahbisan samanera/sikkhavati, yaitu: 1. Kesacchedana = pencukuran rambut kepala 2. Kasayacchadana = pengenaan jubah 3. Saranadana = pemberian Tiga Perlindungan
(Saratthadipani Tika, Vol. III, ayat 34)
eBook format: pdf
Isi: 86 halaman
Size: 435 KB
Bahasa: Inggris dan Indonesia
Harga: Dibagikan secara cuma-cuma [Read]